Jumat, 29 November 2013


Cara Menjelaskan secara Lisan Isi Artikel



                Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah artikel dijelakan sebagai karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai di majalah, surat kabarr, dan sebagainya. Dengan demikian, kita dapat membaca artikel dari majalah, surat kabar, tabloid, atau media cetak lain.

                Tulisan dalam artikel merupakan suatu bentuk wacana. Setelah membaca suatu wacana, kita harus dapat menentukan topik apa yang diulas sehingga dapat menemukan ide, gagasan, atau pesan yang disampaikan penulis.
Unsur-unsur penting yang harus ada dalam pendataan pokok bacaan adalah:
1.       Pemakaian bahasa dan penulisannya
2.       Isi bacaan
3.       Sistematika penyampaian
4.       Pesan bacaan terhadap pembaca

Salah satu cara agar dapat memahami topik suatu bacaan yaitu dengan cara membuat ringkasan isi wacana/bacaan. Pada langkah ini kita harus dapat menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas, kemudian merangkaikan ide-ide pokok tiap paragraph yang terdapat dalam wacana tersebut dan mendata pokok-pokok yang diperoleh dari hasil membaca. Caranya kita harus dapat mencari pokok-pokok isi bacaan yang penting. Hal ini dapat dilakukan dengan membedakan antara kalimat utama dan kalimat penjelas.
Tujuan orang melakukan kegiatan membaca artikel atau buku adalah unutk mendapatkan informasi atau ilmu pengetahuan tentang sesuatu. Informasi atau ilmu pengetahuan yang telah kita dapat dari kegiatan membaca tersebut dapat diungkapkan kembali secara lisan maupun tertulis. Anda tentu pernah membaca buku. Apakah yang anda dapatkan dari isi buku tersebut?
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat kita menjelaskan topik artikel yang telah dibaca yaitu ekspresi fisik yang meliputi sikap dan mimik, ekspresi ucapan berupa pelafalan katta yang tepat, ekspresi lagu mencakup tinggi rendahnya kalimat yang disampaikan, cepat lambat suara dan jeda, dan yang tidak boleh dilupakan ialah menyampaikan laporan dengan bahasa yang baik dan benar, bukan bahasa percakapan.

http://www.slideshare.net/hendri5/membaca-artikel

0 komentar:

Posting Komentar